KAMPANYE DI HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA

Pemdes Siraman 23 Mei 2019 11:22:00 WIB

Siraman (Sida Samekta) –  Kamis (23/05/2019) Dinas Kesehatan Kabupaten  bersama dengan Muhammadiyah Tobacco Center dan Pengelola Klinik Firdaus Yogyakarta (Klinik Berhenti Merokok) mengadakan seminar dan kampanye dengan tema “Upaya Berhenti Merokok melalui Pemberdayaan Masyarakat” dalam rangka Hari Tanpa Tembakau Sedunia dan Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Seminar yang dilaksanakan di Balai Desa Siraman mulai jam 08.30 WIB  ini mengundang UPT Puskesmas, Kepala Desa, Koordinator Kader, Perwakilan Dukuh dan Tokoh Masyarakat se-Kabupaten Gunungkidul dan juga dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul.

Dalam seminar ini dibahas tentang bahaya merokok untuk kesehatan dan juga himbauan agar masyarakat sadar dan berhenti untuk merokok. Untuk itu diperlukan tindakan yang nyata dan perlu dukungan dari Pemerintah dan juga masyarakat karena merokok sudah menjadi kebiasaan kultural yang sangat sulit dihentikan.

“Regulasi Formal belum cukup ampuh untuk  mengurangi kebiasaan kultural. Misalnya dimasyarakat masih sering ada yang menyuguhkan rokok pada acara-acara rumahan. Contoh di acara pengajian rumahan, tilik bayi, sambatan, rewang dan lain-lain. Oleh karena itu sangat penting dukungan masyarakat untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut” Imbuh Immawan Wahyudi Wakil Bupati Kabupaten Gunungkidul.

Setelah seminar ini akan ada tindak lanjut yang lebih riil yaitu akan ada Klinik Berhenti Merokok di tiap-tiap Puskesmas yang nantinya untuk melayani memberikan pendampingan masyarakat yang ingin berhenti merokok.

 

 

(trims.)

Komentar atas KAMPANYE DI HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Siraman

tampilkan dalam peta lebih besar